Sejarah Sekolah Sepak Bola Pelita Jaya

Sejarah Sekolah Sepak Bola Pelita Jaya

Terhitung tanggal 12 Oktober 1992 POR Pelita Bakrie mulai mendirikan Sekolah Sepak Bola yang diberi nama Sekolah Sepak Bola Pelita Bakrie Sawangan. Sekolah Sepak Bola (SSB) yang berada di Komplek Olahraga POR. Pelita Bakrie Sawangan adalah pengganti dari Pendidikan Latihan (Diklat) Pelita Jaya Junior.  Sejak tanggal 01 Agustus 2008 SSB pelita Bakrie Sawangan menjadi SSB Pelita Jaya Sawangan.  Dan pada tanggal 01 Maret 2010 SSB Pelita jaya Sawangan menjadi Pelita Jaya Soccer School (PJSS).

Sejak berdiri sampai sekarang, Sekolah Sepak Bola Pelita Jaya sudah banyak menorehkan prestasi di berbagai ajang turnamen dan kompetisi bahkan sudah melahirkan beberapa pemain berprestasi yang masuk dalam timnas U-19, tim Porda bahkan tim Liga lainnya.Pada awal pendiriannya, Sekolah Sepakbola Pelita Jaya selalu mendapat support pengelolaan dan pendanaan dari Manajemen Pelita Jaya Senior yang notabene adalah di bawah naungan kelompok usaha Bakrie.  Sehingga, kegiatan pembelajaran dan aktivitas turnamen serta kompetisi hampir tidak memiliki kendala yang berarti.

Namun, sejak Klub Pelita Jaya Senior tidak lagi aktif di bawah manajemen Pelita Jaya, sejak tahun 2011 kegiatan pengelolaan PJSS sudah tidak lagi mendapat dukungan dana sebagaimana sebelumnya, dan sejak itulah PJSS mengelola proses sekolah sepak bola dengan sumberdaya yang terbatas.

Saat ini SSB Pelita Jaya sudah berbadan hukum dengan nama Yayasan SSB Pelita Jaya berdasarkan Akta Notaris Lutfi Burhan S.H. Nomor 50, tanggal 24 Maret 2016. Serta sudah mendapatkan penetapan hukum melalui Kepmen Hukum dan HAM No.AHU-0017733.AH.01.04 Tahun 2016 tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Yayasan SSB Pelita Jaya tanggal 30 Maret 2016.

Di bawah komando Elly Idris selaku advisor dan Direktur Teknik, SSB Pelita Jaya kini bertekad mengembangkan sekolah sepak bola yang independen & terus berprestasi.